Sosialisasi Rapor Pendidikan dan Pemanfaatan Akun belajar.id Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD di Kabupaten Landak Tahun 2023

Ngabang, 31 Oktober 2023

 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak melalui bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Rapor Pendidikan dan Pemanfaatan Akun belajar.id Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD di Kabupaten Landak Tahun 2023 pada hari Selasa 31 Oktober 2023 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak melalui Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak (Buyung, S.Pd., M.A.P).

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 93 Peserta yang terdiri dari 14 Kepala PKBM, 14 Operator PKBM serta 65 Pengurus Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD di Kabupaten Landak dengan menghadirkan Wakil Ketua Komunitas Transformasi Digital Kalbar (belajar.id) Bapak Andry Steven Manongga, S.Th sebagai Narasumber.

 

Maksud dilaksanakannya kegiatan ini yaitu dalam rangka mendukung Program Pemerintah dalam mewujudkan Program Merdeka Belajar Untuk mengetahui kondisi lingkungan belajar di satuan Pendidikan Anak Usia Dini sehingga didapatkan informasi yang komprehensif untuk dapat berbenah meningkatkan kualitas layanan Pendidikan di Kabupaten Landak.

 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan “Rapor Pendidikan ini merupakan gambaran dari kondisi pendidikan khususnya di Kabupaten Landak, melalui indikator-indikator yang ada di dalam rapor pendidikan dapat kita lihat sejauh mana kondisi pendidikan kita mengalami kemajuan sehingga kita dapat memetakan program-program apa saja yang perlu dirangkum untuk tahun berikutnya”.

 

Beliau berharap dengan adanya Rapor Pendidikan ini, seluruh elemen satuan Pendidikan seperti tenaga pendidik, kepala sekolah dan guru dapat dengan mudah menyusun perencanaan program yang tertuang dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM). Perencanaan ini akan mendorong kualitas pendidikan lebih terarah dan efektif.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya, beliau juga berpesan kepada Bapak/Ibu guru Se-Kabupaten Landak khususnya guru-guru PAUD agar dapat melaksanakan tugas mulia tersebut dengan penuh amanah.