Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Landak pada Jurnal Penelitian Guru

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat serta karunia-Nya Jurnal Penelitian Guru Kabupaten Landak dapat diterbitkan. Kehadiran jurnal Panampa Talino, Pajaji Talino, Pamane Talino, TuahTalino, Radang Talino ini merupakan langkah awal dalam membangun dan menumbuhkan kreatifitas serta pengembangan keterampilan menulis untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik guru khususnya di Kabupaten Landak.

Peningkatan kompetisi guru merupakan upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Publikasi terhadap persoalan dan karya tulis dalam pendidikan perlu semakin ditingkatkan kepada segenap pelaku dan pemangku kepentingan bidang pendidikan, sehingga perhatian kepedulian serta kesadaran masyarakat terhadap pendidikan menjadi suatu kebutuhan.

Media publikasi karya guru dalam pendidikan, hendaknya tidak sekedar wacana dan referensi, tetapi secara implinsit merupakan inspiratif kepada pelaku dan pelaksana pendidikan, guru, orang tua, sekolah dan pejabat bidang pendidikan, sebagai tanggung jawab kepada bangsa dan Negara, utamanya kepada masyarakat dan rakyat.

Kabupaten Landak terletak 1o00” LU - 0o52” LS dan 109o10’42” BB - 110o10” BT, secara geografis letaknya sangat strategis karena berada di tengah-tengah Provinsi Kalimantan Barat dan merupakan daerah lintasan jalur Pontianak-Entikong-Kuching-Brunai Darussalam maupun jalur Pontianak-Jagoibabang-Kuching. Letak ini memiliki dampak sosial dan ekonomi yang besar sebagai konsekuensi logis dari berbagai kegiatan yang dilakukan di sepanjang jalur tersebut.

Kemajuan pendidikan di Kabupaten Landak cukup menggembirakan, hal ini disebabkan pelaksanaan program pembangunan pendidikan di Kabupaten Landak yang terus menerus dilakukan. Pelaksanaan program pembangunan, pelayanan pendidikan telah dapat menjangkau daerah terpencil, daerah dengan penduduk miskin, dan daerah yang terpencar dengan dibangunnya sekolah di daerah-daerah tersebut. Hal ini sesuai dengan visi yang dirumuskan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Landak, yaitu:

A. VISI

“TERSELENGGARANYA LAYANAN PENDIDIKAN YANG BERBASIS KOMPETENSI UNTUK MENGHASILKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKARAKTER, CERDAS, MAJU DAN BERDAYA SAING”

B. MISI

  1. Menigkatkan layanan, pelatihan dan pendidikan bagi staf agar memiliki komitmen, kompetensi, dan berintegritas.
  2. Meningkatkan keterjangkauan layanan pendidikan.
  3. Meningkatkan kualitas, relevansi dan daya saing diarahkan pada pancapaian mutu pendidikan dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
  4. Meningkatkan ketersediaan layanan sarana dan prasarana bagi Dinas Pendidikan, Unit Pelaksana Teknis Dinas, dan Sekolah.
  5. Menigkatkan koordinasi dengan pemerintah, pemerintah daerah.
  6. Membangun mekanisme kemitraan dengan berbagai stakeholder.

Melalui pengejawantahan Visi dan Misi tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Landak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak telah berupaya meningkatkan profesionalisme guru di Kabupaten Landak terus menerus dilakukan dengan kebijakkan kebijakkan perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuju masyarakat Kabupaten Landak yang cerdas dan berdaya saing. Salah satu yang menjadi orientasi perubahan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Landak dalam hal ini adalah tentang peningkatan kualifikasi pendidikan yang cerdas, berkarakter dan bermartabat pula sebagai generasi penerus bangsa.

Harapan kedepan, mudah-mudahan jurnal ini dapat digunakan oleh para guru yang ada di Kabupaten Landak sebagai wadah dalam mempublikasikan hasil penelitiannya dan menjadi motivator untuk terus menerus memperbaiki proses pembelajaran demi peningkatan kualifikasi pendidikan di sekolah.

Nikmatilah jurnal ini sebagai bahan cerita, maka anda akan terhibur. Bacalah jurnal ini sebagai bahan sejarah, maka anda akan mempelajari kekayaan masa lalu anda. Perlakukanlah jurnal ini sebagai bahan kebijaksanaan, maka anda akan terinspirasi.

Jurnal ini merupakan sebuah kisah kebijaksanaan yang akan membuka dunia ide dan pengalaman yang mengagumkan dari persoalan pendidikan dengan kompleksitasnya baik berkenaan dengan Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, peserta didik, orang tua, masyarakat, sarana prasarana pendidikan, kurikulum, pendanaan sampai kependidikan nilai hubungan antar manusia, saya yakin akan menghibur dan memberikan inspirasi bagi banyak pembaca.

Semoga jurnal ini, dapat kita temukan kembali permata dalam harta karun kebijaksanaan guru. Kegagalan bukanlah pilihan. Kesuksesasn bisa diraih oleh semua orang, yang membedakan adalah kerja keras dalam mencapainya. Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam penerbitan jurnal ini.

Adil ka’ Talino, Bacuramin ka’ saruga, Basengat ka’ Jubata.

 

Landak, November 2015

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Kabupaten Landak

 

 

ASPANSIUS, S.IP. M.Si

Pembina Utama Muda

NIP. 19590404 198002 1 003