Pembinaan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Landak di Kecamatan Menyuke

MENYUKE-Dewan Pendidikan merupakan organisasi masyarakat pendidikan yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Dewan Pendidikan yang dibentuk dapat dikembangkan secara khas dan berakar dari budaya, demografis, ekologis, nilai kesepakatan, serta kepercayaan yang dibangun sesuai potensi daerah setempat. Oleh karena itu, Dewan Pendidikan yang dibangun harus merupakan pengembangan kekayaan filosofis masyarakat di daerah secara kolektif. Artinya, Dewan Pendidikan mengembangkan konsep yang berorientasi kepada pengguna (client model), berbagai kewenangan (power sharing and advocacy model) dan kemitraan (partnership model) yang difokuskan pada peningkatan mutu pelayanan pendidikan di daerah.

Adapun tujuan dibentuknya Dewan Pendidikan sebagai suatu organisasi masyarakat pendidikan adalah sebagai berikut.

  1. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan.
  2. Meningkatkan tanggung jawab dan peran serta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
  3. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Kegiatan pembinaan Dewan Pendidikan dilaksanakan setahun sekali secara bergantian disetiap kecamatan. Pada tahun 2021, kegiatan ini  pelaksanaannya di kecamatan Menyuke. Kegiatan diikuti oleh kepala sekolah dan komite sekolah se-kecamatan Menyuke.  Dewan Pendidikan memberikan sosialisasi, arahan dan  berdialog lansung terkait TUPOKSI komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan  pelaksanaan PTM dimasa pandemi Covid-19.

3 

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Landak dan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak dalam sambutan yang dibacakan oleh Hendri, S.Pd mengatakan bahwa untuk memajukan dunia pendidikan disuatu daerah membutuhkan peran serta masyarakat dalam hal ini diwakili komite sekolah.

(PTK-SMP)