Meriahkan HUT ke-23, Kabupaten Landak gelar Festival Kesenian Tradisional Jonggan

Meriahkan HUT ke-23, Kabupaten Landak gelar Festival Kesenian Tradisional Jonggan di halaman Kantor Bupati Landak (6/10/2022) yang berlangsung dari tanggal 6 s.d. 8 Oktober 2022.

Pembukaan Festival Kesenian Tradisional Jonggan ini dhadiri oleh Pj. Bupati Landak, Sekda Kabupaten Landak, Forkopimda Kabupaten Landak, Kapolres Landak, Dan Yon Armed Ngabang, Kepala OPD Kabupaten Landak, Kejaksaan Negeri Landak, Pengadilan Negeri Landak, Camat Ngabang, serta undangan lainnya.

Festival ini diikuti oleh 29 Sanggar yang terdiri dari Sanggar sekolah dan umum serta kelompok Jonggan yang masih aktif Kabupaten Landak, yakni dari SDN 10 Ngabang, SDN 02 Ngabang, SDN 07 Mentonyek, SMPN 1 Ngabang,` SMPN 2 Ngabang, SDS Maniamas Ngabang, SDN 11 Sangku, SMPS Maniamas Ngabang, SMAN 1 Ngabang, SMAN 1 Ngabang B, SMAN 2 Ngabang, SMKN 1 Ngabang, SMAS Maniamas Ngabang, Sanggar Binua Angkabakng, Sanggar Rinyuakng, Sanggar Sdansa, Sanggar DITC, Sanggar Nek Sanggup, KPBDBL, Sanggar Balo Bingaro, Sanggar Tanyuk Bunga, Sanggar Arue Khatulistiwa, Sanggar Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo, Jonggan Dara Itam Bukit Talaga, Sanggar Santo Benediktus Pahauman, Sanggar Pabayo, Jonggan Dayakng Tarigas, Jonggan Stasi ST. Thomas Rasul Bagak, dan Jonggan Guntur Mandayu Seginah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meletarikan salah satu Warisan Budaya Tak Benda kebudayaan yang ada di Kabupaten Landak, mengembalikan citra kesenian Jonggan ke bentuk aslinya sehingga diharapkan generasi muda dan masyarakat luas mengetahui bagaimana kesenian Jonggan yang sebenarnya, sebagai upaya untuk melestarikan seni budaya khususnya seni tari, seni vokal dan seni musik, serta sebagai wadah pendidikan non formal bagi generasi muda dalam memajukan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Landak, menjaga nilai-nilai budaya bangsa yang berkontribusi terhadap berkembangnya wawasan dan kreatifitas masyarakat yang ada di Kabupaten Landak.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Landak menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak yang sudah menggagas dan menginisiasi festival kesenian tradisional Jonggan ini. “Ini adalah salah satu upaya untuk melestarikan kesenian Jonggan”, ucapnya.

Pj. Bupati Landak berpesan agar perlombaan ini dapat berjalan dengan baik dan peserta dapat menampilkan tarian yang terbaik, dan dengan diadakannya festival kesenian tradisional jonggan ini masyarakat dapat terhibur. “Kepada masyarakat khusunya masyarakat kota ngabang ini semoga dengan adanya perlombaan ini merupakan salah satu hiburan dan kemerian untuk merayakan Hut pemkab landak Ke-23 ini,” tutupnya.