Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak Lakukan Sosialisasi Aplikasi Dapodik Kepada Sekolah Jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Landak

NGABANG-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak melakukan sosialisasi Aplikasi Dapodik semester genap tahun ajaran 2022/2023 kepada sekolah jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Landak. (15/02/2023)

Sosialisasi Dapodik dilakukan mengikuti pembaharuan aplikasi Dapodik yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta untuk menghimpun data terkait sarana prasarana sekolah, siswa, guru dan tenaga pendidik yang ada di setiap satuan pendidikan.

Mengingat pentingnya data tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak mengadakan sosialisasi Dapodik ini secara rutin setiap awal semester untuk memastikan penginputan data di aplikasi dapodik dilakukan dengan baik dan benar serta dapat di input sesuai data yang sebenarnya agar dapat menghasilkan laporan Dapodik yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Mengingat kegiatan ini bersifat teknis maka peserta yang mengikuti sosialisasi ini adalah operator Dapodik sekolah jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Landak dengan jumlah 554 sekolah yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai hari Rabu, 15 s.d. Jumat, 17 Februari 2023.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Landak melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP, Lodeni, S.Pd. M.Si mengingatkan operator sekolah untuk melakukan pembaharuan maupun perbaikan data di Dapodik: perbaikan data sekolah, pembaharuan data sarana dan prasarana, verifikasi data siswa dan guru dengan hati-hati dan penuh tanggungjawab agar tidak terjadi permasalahan yang dapat menyebabkan kerugian bagi sekolah yang disebabkan oleh kekeliruan dalam  penginputan data di Dapodik.

20230215_091413 (1)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak meminta agar semua sekolah jenjang SD dan SMP untuk segera melakukan sinkronisasi Dapodik paling lambat pada bulan Februari 2023 sehingga data yang dikirim dapat dipergunakan untuk kebutuhan pengambilan kebijakan baik di tingkat pusat maupun di daerah.